5 Pantai Terkenal di Gunung Kidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

Gunung kidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan pantai nya yang beragam. Pantai-pantai di Gunung Kidul memiliki pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan ombak yang menantang.

Berikut adalah 5 pantai terkenal di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi:

Gunung Kidul, Yogyakarta, merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang, yaitu sekitar 600 kilometer. Dengan garis pantai yang panjang tersebut, Gunung Kidul memiliki banyak sekali pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Pantai Indrayanti

pantai indrayanti

Pantai indrayanti adalah salah satu pantai paling populer di Gunung Kidul, pantai ini terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tepus. Pasir putih yang kembut dan air laut yang jernih merupakan daya tarik dari pantai ini. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang luar biasa indah, dengan latar belakang tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Pantai ini berjarak sekitar 55 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 1,5-2 jam. Pantai indrayanti dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang.

Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Ombaknya juga relatif tenang sehingga aman untuk berenang dan bermain air. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi, menambah keindahannya.

Selain keindahan alamnya, Pantai indrayanti juga memiliki berbagai fasilitas yang memadai, seperti warung-warung makan, tempat parkir, toilet, dan tempat ibadah. Terdapat juga beberapa penginapan dan homestay yang dapat digunakan untuk menginap jika ingin bermalam di dekat pantai.

Pantai indrayanti adalah salah satu pantai yang indah dan menawan di Gunungkidul. Dengan keindahan alamnya dan fasilitas yang memadai, pantai ini cocok untuk menjadi tempat bersantai dan menikmati keindahan alam.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai pok tunggal adalah pantai yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, pantai ini memiliki ciri khas berupa batu karang besar yang menjorok ke laut. Batu karang ini disebut dengan “Pok Tunggal” yang berarti “batu tunggal”.

Pantai pok tunggal memiliki ciri khas berupa tebing-tebing karang yang menjulang tinggi di sisi barat dan timur pantai. Tebing-tebing tersebut membuat pantai ini tampak seperti tersembunyi di baliknya. Oleh karena itu, pantai ini juga dikenal dengan sebutan “Surga Tersembunyi”.

Pantai pok tunggal memiliki pasir putih yang lembut sepanjang bibir pantai ini dan air laut yang jernih. Di pantai ini, pengunjung dapat berenang, bermain air, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan trekking menyusuri tebing-tebing karang untuk mendapatkan pemandangan pantai dari ketinggian.

Pantai pok tunggal merupakan salah satu pantai yang populer di Gunungkidul. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk wisatawan mancanegara.

Pantai Drini

Pantai drini

Pantai drini adalah pantai yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, pantai ini memiliki pasir putih yang menghiasi bibir pantai dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah, dengan latar belakang perbukitan hijau.

Pantai drini memiliki ciri khas berupa pulau karang kecil yang terletak di tengah pantai. Pulau ini disebut Pulau Drini, dan konon dahulu kala pulau ini ditumbuhi banyak pohon santigi (Pemphis acidula), atau dalam bahasa Jawa disebut drini. Itulah kenapa pantai dan pulau ini diberi nama drini.

Pantai drini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Namun, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga tidak disarankan untuk berenang demi keselamatan. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan di tepi pantai, bermain air di pinggiran pantai, atau menyewa perahu untuk mengelilingi pulau Drini.

Selain itu, Pantai drini juga merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di Pantai drini sangat indah, dengan latar belakang pulau Drini dan Gunung Kidul.

Selain pemandangan alam yang indah, Pantai drini juga menawarkan berbagai fasilitas wisata, seperti warung makan, restoran, toilet, dan gazebo. Pengunjung juga dapat membeli ikan segar langsung dari para nelayan yang bersandar di pantai.

Pantai drini adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Pemandangan alam yang indah dan berbagai fasilitas wisata yang tersedia membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta.

Pantai Sadranan

pantai sadranan

Pantai sadranan adalah pantai yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, pantai ini memiliki keunikan berupa keberadaan gugusan batu karang di tengah laut. Batu karang ini sering dijadikan sebagai tempat untuk snorkeling dan diving.

Pantai sadranan memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pantai ini juga memiliki ombak yang relatif tenang sehingga cocok untuk berenang dan bermain air.

Salah satu daya tarik utama Pantai sadranan adalah keberadaan pulau karang yang terletak di tengah laut. Pulau karang ini dapat dikunjungi dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh penduduk setempat.

Selain itu, Pantai sadranan juga menjadi salah satu spot snorkeling yang populer di Gunungkidul. Di sini, wisatawan dapat melihat berbagai macam biota laut yang cantik, seperti ikan, terumbu karang, dan bintang laut.

Pantai sadranan juga merupakan salah satu spot yang indah untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Pemandangan matahari terbit di Pantai sadranan sangatlah indah, dengan langit yang berwarna kemerahan dan sinar matahari yang perlahan-lahan muncul dari balik ufuk.

Pemandangan matahari terbenam di Pantai sadranan juga tak kalah indah, dengan langit yang berwarna jingga dan sinar matahari yang perlahan-lahan tenggelam di balik laut.

Pantai Nglambor

pantai nglambor

Pantai nglambor adalah pantai yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten gunung kidul, pantai ini memiliki keunikan berupa keberadaan kolam-kolam air laut yang jernih di sekitar pantai. Kolam-kolam ini terbentuk dari pecahan batu karang.

Pantai nglambor memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Namun, Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga tidak cocok untuk berenang. Namun, ombak yang besar ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta snorkeling.

Pada saat air laut pasang, pengunjung dapat melakukan snorkeling di sekitar dua batu karang besar yang berada di tengah laut. Batu karang ini menjadi rumah bagi berbagai macam biota laut, seperti ikan-ikan, terumbu karang, dan bintang laut.

Pantai nglambor juga memiliki suasana yang masih asri dan alami. Pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar pantai menambah keindahan pantai ini. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat aktivitas nelayan yang sedang mencari ikan di sekitar pantai.

Selain kelima pantai tersebut, masih banyak lagi pantai-pantai indah lainnya yang bisa dikunjungi di Gunung Kidul.

Alodia tour & leisure

Yogyakarta adalah kota yang menawarkan berbagai macam pilihan wisata, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam. Jika Anda sedang mencari tempat untuk berlibur dan menikmati keindahan alam, Gunung Kidul adalah pilihan yang tepat.

Alodia Tour & Leisure adalah penyedia jasa travel wisata di Yogyakarta yang terbaik dan berpengalaman. Alodia Tour & Leisure menawarkan berbagai macam paket wisata, termasuk wisata pantai di Gunung Kidul.

Dengan Alodia Tour & Leisure, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang berkesan dan tak terlupakan.

Alamat: Alodia Tour

Reservasi Sekarang!

[WhatsApp Admin]

[[email protected]]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

18 Parc Place, SCBD
Jend. Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan · 12190

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×