Jelajahi Pesona Tersembunyi Rekomendasi Wisata Anti-Mainstream di Bantul

Yogyakarta tak henti memukau wisatawan dengan pesonanya yang beragam. Bagi kamu yang mendambakan petualangan baru, menjelajahi wisata anti-mainstream di Bantul bisa menjadi pilihan tepat.

Bantul, yang terletak di selatan Yogyakarta, menawarkan berbagai destinasi wisata unik yang jauh dari keramaian. Di sini, kamu bisa menemukan wisata alam yang memukau, wisata budaya yang autentik, hingga wisata kekinian yang instagramable.

Jelajahi Keindahan Alam Tersembunyi Bantul

Bosan dengan wisata mainstream di Bantul yang itu-itu saja? Tenang, Yogyakarta selalu punya kejutan! Kali ini, mari kita jelajahi pesona tersembunyi Bantul dengan wisata anti-mainstream yang menjanjikan pengalaman tak terlupakan.

Hutan Pinus Pengger

Mencari wisata anti-mainstream di Bantul? Hutan Pinus Pengger adalah jawabannya! Terletak di Desa Terong, Dlingo, Bantul, Hutan Pinus Pengger menawarkan keindahan alam yang memukau dengan suasana yang asri dan sejuk. Di sini, kamu bisa melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan menikmati ketenangan alam pedesaan.

Pinus Pengger bukan sekadar hutan pinus biasa. Spot-spot foto instagramable bertebaran di seluruh area, seperti sarang burung raksasa, rumah pohon, tangga cinta, dan jembatan pohon. Kamu bisa berfoto selfie dengan latar belakang pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan pemandangan alam yang indah.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Hutan Pinus Pengger terbilang lengkap, seperti toilet, mushola, warung makan, dan area parkir. Kamu juga bisa menyewa hammock untuk bersantai di bawah rindangnya pepohonan atau berkemah di area camping ground yang disediakan.

Biaya dan Jam Buka

Hutan Pinus Pengger buka setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang.

Aturan

Berikut beberapa aturan yang harus dipatuhi saat berkunjung ke Hutan Pinus Pengger:

  • Jaga kebersihan lingkungan.
  • Tidak membuang sampah sembarangan.
  • Tidak merusak tanaman.
  • Berhati-hati saat berfoto di spot-spot ketinggian.
  • Patuhi instruksi dari petugas.

Hutan Pinus Pengger adalah tempat wisata yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga, teman, atau pasangan. Keindahan alamnya yang memukau dan suasananya yang asri akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Seribu Batu Songgo Langit

Terletak di kawasan Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Seribu Batu Songgo Langit hadir sebagai destinasi wisata alam yang anti-mainstream dan instagramable. Dijuluki “Seribu Batu” karena terdapat ribuan batu alam yang tersebar di area wisata ini, dan “Songgo Langit” yang berarti penyangga langit karena bukitnya yang seolah menopang langit.

Keindahan alam hutan pinus yang asri menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Pengunjung dapat berjalan kaki menyusuri jalan setapak, menikmati udara segar, dan bersantai di bawah rindangnya pepohonan.

Beragam spot foto menarik telah disediakan, seperti gardu pandang, bebatuan besar yang unik, rumah hobbit, jembatan kayu, dan taman bunga tumpah. Setiap sudutnya menawarkan latar belakang foto yang Instagramable, cocok untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga atau teman.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Seribu Batu Songgo Langit terbilang lengkap, meliputi toilet, area parkir, mushola, dan beberapa warung makan yang menyediakan jajanan dan minuman.

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Wisata ini buka setiap hari dari jam 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Aturan

Beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Seribu Batu Songgo Langit antara lain:

  • Mari ciptakan lingkungan yang nyaman dan indah dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak tanaman atau bebatuan.
  • Berpakaian sopan dan menjaga perilaku.

Seribu Batu Songgo Langit adalah pilihan tepat bagi Anda yang mencari wisata alam yang indah dan instagramable di Yogyakarta. Suasana yang asri dan sejuk, spot foto yang unik, dan fasilitas yang lengkap akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Goa Gajah

Menjelajahi sisi lain Bantul yang jauh dari keramaian pantai dan hiruk pikuk kota, Goa Gajah menawarkan petualangan wisata anti-mainstream yang penuh pesona. Terletak di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Goa Gajah menghadirkan wisata gua yang unik dengan sentuhan sejarah dan budaya.

Rute

Gua alami ini berjarak sekitar 1,5 km dari Kebun Buah Mangunan, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jam bukanya 24 jam, namun disarankan untuk berkunjung di pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari dan menikmati suasana gua yang lebih sejuk.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Goa Gajah sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 per orang. Fasilitas yang tersedia di sini cukup memadai, seperti toilet, musala, dan area parkir yang luas. Pengunjung juga dapat menyewa senter untuk menerangi bagian gua yang gelap.

Aturan

Aturan yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Goa Gajah antara lain:

  • Menjaga ketenangan dan kesopanan
  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Menghormati nilai-nilai budaya dan adat istiadat setempat

Menjelajahi Goa Gajah bagaikan memasuki gerbang waktu. Di dalam gua, Anda akan menemukan berbagai patung batu andesit yang menggambarkan relief Hindu, seperti kepala gajah, lingga, yoni, dan arca Ganesha. Cahaya matahari yang menembus celah gua menciptakan suasana mistis dan magis, menambah pesona goa ini.

Di ujung gua, Anda akan menemukan sebuah pohon besar yang menjulang tinggi, seolah-olah menjadi penjaga goa. Pohon ini menambah keindahan alami Goa Gajah dan menjadi spot foto yang instagramable.

Goa Gajah bukan hanya wisata gua biasa, melainkan sebuah perjalanan budaya dan spiritual. Di sini, Anda dapat belajar tentang sejarah dan budaya Hindu di Yogyakarta, sekaligus menikmati keindahan alam yang memukau.

Goa Gajah adalah destinasi wisata anti-mainstream di Bantul yang wajib dikunjungi bagi Anda yang mencari pengalaman wisata yang berbeda. Keindahan alam, nilai sejarah, dan budaya yang kental akan membuat Anda terkesan dan ingin kembali lagi.

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu, sebuah permata tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, menawarkan panorama alam yang menakjubkan dan suasana yang menenangkan, jauh dari hiruk pikuk keramaian. Dikelilingi oleh hutan pinus yang rimbun dan udara segar pegunungan, tempat ini menjadi destinasi wisata anti-mainstream yang sempurna bagi para pecinta alam dan petualangan.

Lokasi dan Akses:

Bukit Lintang Sewu terletak di Dlingo, Bantul, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan menuju ke sana cukup mudah dan menyenangkan, dengan akses jalan yang beraspal dan pemandangan alam yang indah. Pengunjung memiliki pilihan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk mencapai lokasi wisata ini.

Jam Buka dan Tiket Masuk:

Bukit Lintang Sewu buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 6 sore. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang untuk dewasa dan Rp3.000 per orang untuk anak-anak.

Fasilitas:

Berbagai fasilitas yang disediakan di Bukit Lintang Sewu bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat duduk dan gazebo
  • Spot foto instagramable
  • Area berkemah
  • Glamping

Aturan:

Pengunjung diimbau untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama berada di Bukit Lintang Sewu. Beberapa aturan yang perlu dipatuhi:

  • Dilarang membuang sampah sembarangan
  • Dilarang memetik bunga atau tanaman
  • Dilarang membuat api sembarangan
  • Patuhi instruksi dari petugas

Aktivitas yang Bisa Dilakukan:

  • Berkemah: Bukit Lintang Sewu memiliki area berkemah yang luas dan nyaman, cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.
  • Glamping: Bagi yang ingin merasakan sensasi berkemah dengan fasilitas lebih lengkap, glamping di Bukit Lintang Sewu bisa menjadi pilihan tepat.
  • Trekking: Bagi pecinta alam, trekking di hutan pinus Bukit Lintang Sewu menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan.
  • Berfoto: Bukit Lintang Sewu memiliki banyak spot foto instagramable dengan pemandangan alam yang indah, seperti gardu pandang, deretan pohon pinus, dan lukisan mural.
  • Menikmati suasana: Duduklah di gazebo atau tempat duduk yang disediakan, hirup udara segar, dan nikmati ketenangan alam yang menenangkan.

Bukit Lintang Sewu merupakan destinasi wisata anti-mainstream di Bantul yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam dan petualangan. Keindahan alam yang luar biasa, suasana yang menenangkan, dan fasilitas yang lengkap menjadikan tempat ini pilihan yang tepat untuk liburan yang berkesan.

Jelajahi Lebih Mudah dengan Alodia Tour

Ingin menjelajahi wisata anti-mainstream di Bantul dengan mudah dan nyaman? Percayakan perjalananmu kepada Alodia Tour! Kami menyediakan paket wisata yang terkurasi dengan baik, dengan pilihan transportasi, akomodasi, dan aktivitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tim profesional kami siap membantu mewujudkan liburanmu yang tak terlupakan di Bantul.

Hubungi Alodia Tour sekarang dan ciptakan pengalaman wisata anti-mainstream yang tak terlupakan di Bantul!

Alamat: Alodia Tour

Reservasi Sekarang!

[WhatsApp Admin]

[[email protected]]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

18 Parc Place, SCBD
Jend. Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan · 12190

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×