Kunjungi 6 Wisata Ramah Anak yang Menyenangkan!

Wisata Ramah Anak – Yogyakarta, atau Jogja, terkenal sebagai kota budaya dan sejarah yang kaya di Indonesia. Keindahan alamnya yang memesona, keramahan penduduknya, dan kekayaan budayanya menjadikan Jogja sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga di Jogja, tak perlu khawatir! Jogja menawarkan berbagai pilihan wisata ramah anak yang seru, edukatif, dan tak terlupakan. Berikut beberapa rekomendasi wisata Jogja ramah anak yang bisa Anda kunjungi:

1. Taman Pintar Yogyakarta – Wisata Ramah Anak

Taman Pintar Yogyakarta, terletak di jantung kota Yogyakarta, bagaikan oase edukasi yang mengajak anak-anak menyelami dunia sains dan budaya dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Didirikan pada tahun 2006, taman ini menjadi primadona bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama sambil belajar.

Memasuki Taman Pintar, Anda akan disambut oleh Zona Permainan Air, di mana anak-anak dapat bermain air dan belajar tentang berbagai fenomena alam melalui permainan yang edukatif. Bagi pecinta sains, Zona Permainan Sains siap menantang rasa ingin tahu mereka dengan berbagai wahana interaktif, seperti simulator gempa bumi, planetarium mini, dan laboratorium sains.

Zona Permainan Kebudayaan dan Zona Permainan Kesenian mengajak anak-anak untuk mengenal budaya dan kesenian Indonesia melalui berbagai permainan tradisional, pertunjukan seni, dan kegiatan kreatif. Tak lupa, Zona Paud hadir sebagai ruang bermain yang aman dan nyaman untuk anak-anak usia dini.

Taman Pintar dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti ruang menyusui, toilet, mushola, dan kantin. Anda juga dapat memanfaatkan layanan penyewaan stroller dan kursi roda untuk memudahkan mobilitas.

Informasi Penting untuk Dikunjungi:

  • Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB (Senin-Jumat) & 08.00 – 17.00 WIB (Sabtu-Minggu)
  • Tiket Masuk:
    • Anak-anak (usia 2-12 tahun): Rp. 20.000
    • Dewasa (usia 13 tahun ke atas): Rp. 30.000
  • Fasilitas: Ruang menyusui, toilet, mushola, kantin, penyewaan stroller dan kursi roda
  • Aturan: Pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban taman.

Taman Pintar, lebih dari sekadar taman bermain. Taman ini adalah wadah belajar yang menyenangkan dan inspiratif bagi anak-anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan. Jadi, tunggu apa lagi? Ajak keluarga Anda menjelajahi Taman Pintar dan ciptakan kenangan belajar yang tak terlupakan!

2. Museum Pusat Dirgantara Mandala

Museum Pusat Dirgantara Mandala, terletak di kompleks Pangkalan Udara Adisucipto Yogyakarta, merupakan surga bagi pecinta dirgantara dan sejarah. Didirikan pada tahun 1978, museum ini menyimpan berbagai koleksi bersejarah yang berkaitan dengan penerbangan Indonesia, mulai dari pesawat tempur kuno, foto-foto bersejarah, diorama pertempuran udara, hingga pakaian dinas pilot.

Museum ini terbagi menjadi beberapa ruang pameran yang menceritakan perjalanan panjang penerbangan Indonesia, mulai dari masa pra-kemerdekaan hingga saat ini. Di Ruang Alutsista I dan II, Anda dapat melihat berbagai koleksi pesawat tempur dari berbagai negara, seperti Curtiss P-40 Warhawk, North American P-51 Mustang, dan Focke-Wulf FW 190.

Ruang Sejarah membawa Anda menyelami kisah perjuangan para pahlawan dirgantara Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Di sini, Anda dapat melihat foto-foto bersejarah, diorama pertempuran udara, dan pakaian dinas pilot.

Museum Pusat Dirgantara Mandala bukan hanya tempat untuk melihat koleksi bersejarah, tetapi juga tempat untuk belajar dan mendapatkan inspirasi. Di sini, Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan edukasi, seperti workshop, simulasi penerbangan, dan pertunjukan film dokumenter.

Informasi Penting untuk Dikunjungi:

  • Alamat: Jl. Raya Janti, Karang Janbe, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 
  • Jam Buka: 08.30 – 15.00 WIB (Senin-Minggu)
  • Tiket Masuk:
    • Anak-anak (usia 3-12 tahun): Rp. 3.000
    • Dewasa (usia 13 tahun ke atas): Rp. 6.000
  • Fasilitas: Ruang menyusui, toilet, mushola, kantin, taman bermain anak
  • Aturan: Pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban museum.

Museum Pusat Dirgantara Mandala adalah destinasi wisata edukasi yang tepat untuk keluarga. Di sini, anak-anak dapat belajar tentang sejarah penerbangan Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

3. Wildlife Rescue Center Yogyakarta – Wisata Ramah Anak

Wisata Ramah Anak

Wildlife Rescue Center Yogyakarta (WRC), yang terletak di kawasan hutan ekowisata Sendangsari, Kulon Progo, merupakan surga bagi pecinta satwa liar dan edukasi. Didirikan pada tahun 2003, WRC memiliki misi mulia untuk menyelamatkan, merehabilitasi, dan mengembalikan satwa liar ke habitat alaminya.

Di WRC, Anda akan berkesempatan untuk bertemu dengan berbagai satwa liar yang menawan, seperti orangutan, elang jawa, buaya, owa, dan masih banyak lagi. Setiap satwa memiliki cerita dan pengalamannya sendiri yang menarik untuk didengarkan.

Pengunjung dapat menyaksikan proses rehabilitasi dan pelepasan satwa liar ke habitat alaminya. Hal ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap satwa liar.

WRC juga menyediakan berbagai program edukasi yang menarik bagi pengunjung, seperti workshop, simulasi, dan pertunjukan film dokumenter. Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konservasi dan kelestarian alam.

Informasi Penting untuk Dikunjungi:

  • Alamat: Jl. Kawijo, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB (Senin-Minggu)
  • Tiket Masuk:
    • Anak-anak (usia 3-12 tahun): Rp. 10.000
    • Dewasa (usia 13 tahun ke atas): Rp. 20.000
  • Fasilitas: Toilet, mushola, kantin, taman bermain anak
  • Aturan: Pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban pusat penyelamatan satwa liar.

Wildlife Rescue Center Yogyakarta adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil belajar tentang satwa liar dan kelestarian alam. Pengalaman yang Anda dapatkan di sini akan menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

4. Ice Cream World Jogja

Wisata Ramah Anak

Ice Cream World Jogja, terletak di Jalan Kaliurang KM 16, Sleman, Yogyakarta, merupakan surga bagi para pecinta es krim. Tempat wisata ini menawarkan berbagai macam varian rasa es krim yang lezat dan menyegarkan, dekorasi yang unik dan instagramable, dan berbagai wahana permainan yang seru.

Di Ice Cream World Jogja, Anda dapat menemukan berbagai macam rasa es krim yang tak terbayangkan, mulai dari rasa klasik seperti coklat, stroberi, dan vanila, hingga rasa unik dan kekinian seperti buble gum, red velvet, dan avocado. Anda juga dapat mencoba berbagai macam topping yang lezat, seperti choco chips, kacang almond, dan saus coklat.

Ice Cream World Jogja memiliki dekorasi yang unik dan instagramable, seperti rumah es krim raksasa, patung es krim warna-warni, dan mural yang menarik. Anda dapat berfoto-foto di berbagai spot yang tersedia dan mengabadikan momen indah di tempat ini.

Selain menikmati es krim yang lezat, Anda juga dapat bermain berbagai wahana yang seru di Ice Cream World Jogja. Ada kolam renang balon, permainan bumper car, dan lukisan wajah

Informasi Penting untuk Dikunjungi:

  • Alamat: Jalan Kaliurang KM 16, Sleman, Yogyakarta
  • Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB (Setiap Hari)
  • Tiket Masuk:
    • Anak-anak (usia 2-12 tahun): Rp. 30.000
    • Dewasa (usia 13 tahun ke atas): Rp. 50.000
  • Fasilitas: Toilet, mushola, kantin, taman bermain anak
  • Aturan: Pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban tempat wisata.

Ice Cream World Jogja adalah tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Di sini, Anda dapat menikmati es krim yang lezat, berfoto-foto di spot yang instagramable, dan bermain wahana yang seru.

5. Cokelat Monggo – Wisata Ramah Anak

Cokelat Monggo, yang terletak di Jalan Imogiri Timur No.149, Girimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta, merupakan surga bagi para pecinta cokelat. Tempat ini menawarkan berbagai macam produk cokelat yang lezat dan berkualitas, pabrik cokelat yang edukatif, dan kafe yang nyaman untuk menikmati cokelat.

Di Cokelat Monggo, Anda dapat mencicipi berbagai macam cokelat yang terbuat dari cokelat asli Indonesia. Ada cokelat batangan dengan berbagai rasa, cokelat praline yang renyah dan manis, cokelat drink yang menghangatkan tubuh, dan kue-kue cokelat yang menggoda selera. Anda juga dapat membuat cokelat sendiri di workshop cokelat yang tersedia.

Cokelat Monggo memiliki pabrik cokelat yang terbuka untuk pengunjung. Di sini, Anda dapat melihat proses pembuatan cokelat dari awal hingga akhir. Anda juga dapat belajar tentang sejarah cokelat dan manfaatnya bagi kesehatan.

Cokelat Monggo memiliki kafe yang nyaman dengan suasana yang tenang. Anda dapat menikmati berbagai macam minuman cokelat yang lezat dan menyantap kue-kue cokelat yang menggoda selera. Kafe ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga atau teman.

Informasi Penting untuk Dikunjungi:

  • Alamat: Jalan Imogiri Timur No.149, Girimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta
  • Jam Buka: 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Fasilitas: Toilet, mushola, kantin, taman bermain anak
  • Aturan: Pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban tempat wisata.

Cokelat Monggo adalah tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Di sini, Anda dapat mencicipi cokelat yang lezat, belajar tentang proses pembuatan cokelat, dan bersantai di kafe yang nyaman.

6. Museum Gunung Api Merapi

Wisata Ramah Anak

Museum Gunung Api Merapi, terletak di Jalan Kaliurang Km 29, Sleman, Yogyakarta, merupakan destinasi edukasi yang tepat bagi pecinta ilmu pengetahuan dan alam. Didirikan pada tahun 2009, museum ini menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan aktivitas gunung api Merapi, mulai dari batu-batu vulkanik, foto-foto letusan, hingga peralatan seismograf.

Museum ini terbagi menjadi beberapa ruang pameran yang menceritakan sejarah letusan Gunung Merapi, dampak letusan, dan upaya penanggulangan bencana. Di Ruang Geologi, Anda dapat mempelajari tentang proses pembentukan gunung api dan jenis-jenis gunung api.

Ruang Letusan membawa Anda menyelami kisah dahsyatnya letusan Gunung Merapi di masa lampau. Di sini, Anda dapat melihat foto-foto letusan, video dokumentasi, dan miniatur simulasi letusan.

Museum Gunung Api Merapi juga memberikan edukasi tentang mitigasi bencana gunung api. Anda dapat mempelajari tentang cara-cara untuk melindungi diri dari bahaya gunung api, seperti tanda-tanda gunung api akan meletus dan langkah-langkah evakuasi.

Informasi Penting untuk Dikunjungi:

  • Alamat: Jalan Kaliurang Km 29, Sleman, Yogyakarta
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB (Senin-Jumat) & 08.00 – 17.00 WIB (Sabtu-Minggu)
  • Tiket Masuk:
    • Anak-anak (usia 3-12 tahun): Rp. 3.000
    • Dewasa (usia 13 tahun ke atas): Rp. 6.000
  • Fasilitas: Toilet, mushola, kantin, taman bermain anak
  • Aturan: Pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban museum.

Museum Gunung Api Merapi adalah destinasi wisata edukasi yang tepat untuk keluarga. Di sini, anak-anak dapat belajar tentang ilmu pengetahuan alam dan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan hidup.

Ayo, kunjungi Museum Gunung Api Merapi dan ciptakan pengalaman edukasi yang tak terlupakan bersama keluarga!

Tips Berlibur di Jogja Bersama Anak-Anak:

  • Pilihlah waktu yang tepat untuk berlibur. 
  • Siapkan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Jangan lupa membawa topi, kacamata hitam, dan sunscreen untuk melindungi anak-anak dari sinar matahari.
  • Bawalah obat-obatan pribadi yang dibutuhkan anak-anak.
  • Siapkan makanan dan minuman ringan untuk anak-anak.
  • Pastikan anak-anak selalu diawasi saat bermain.

Rekomendasi Wisata Jogja Ramah Anak Bersama Alodia Tour:

Alodia Tour & Leisure! adalah biro perjalanan wisata yang menyediakan berbagai paket wisata Jogja ramah anak. Alodia Tour memiliki tim yang berpengalaman dan profesional yang akan membantu Anda merencanakan liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan bersama keluarga.

Alamat: Alodia Tour

Reservasi Sekarang!

[WhatsApp Admin]

[[email protected]]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

18 Parc Place, SCBD
Jend. Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan · 12190

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×