5 Destinasi Wisata Sekitar Candi Prambanan yang Wajib Dikunjungi

Wisata Sekitar Prambanan – Liburanmu tak lengkap tanpa menjelajahi wisata sekitar Candi Prambanan! Temukan 5 destinasi memukau, dari tebing eksotis hingga taman penuh bunga. Jelajahi sejarah, budaya, dan keindahan alam Yogyakarta dalam satu perjalanan tak terlupakan!

Temukan pesona wisata alam, budaya, dan kuliner di sekitar Candi Prambanan. Jelajahi Tebing Breksi, Ratu Boko, Candi Ijo, dan wisata lainnya. Nikmati pengalaman tak terlupakan di Yogyakarta!

Wisata Sekitar Candi Prambanan

Candi Prambanan, mahakarya Hindu yang megah, telah menjadi magnet bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Namun, tahukah Anda bahwa di sekitar Candi Prambanan terdapat banyak wisata menarik lainnya yang siap memanjakan mata dan jiwa?

Tebing Breksi

Bekas tambang batu kapur ini menjelma menjadi destinasi wisata kekinian. Tebing-tebing curam yang dihiasi ukiran dan relief, spot foto instagramable, hingga pertunjukan seni budaya menjadi daya tarik utama.

Sejarah dan Keunikan Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah bekas tambang batu breksi yang disulap menjadi destinasi wisata unik di Yogyakarta. Dahulu, tebing ini merupakan area penambangan batu breksi yang menghasilkan material untuk pembangunan. Namun, setelah penambangan dihentikan, tebing ini kemudian ditata dan dikembangkan menjadi tempat wisata.

Keunikan Tebing Breksi terletak pada tekstur dan pola batuan breksinya yang indah. Tebing ini memiliki relief yang menawan dengan guratan-guratan alami dan pahatan-pahatan artistik yang dibuat oleh seniman lokal. Selain itu, terdapat pula beberapa patung raksasa yang menjadi ikon wisata Tebing Breksi, seperti patung Garuda, naga, dan wayang.

Daya Tarik Tebing Breksi

  • Pemandangan Alam yang Menakjubkan: Tebing Breksi menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari atas tebing, pengunjung dapat melihat hamparan sawah hijau, perbukitan, dan Candi Prambanan yang megah.
  • Spot Foto Instagramable: Tebing Breksi memiliki banyak spot foto instagramable dengan berbagai latar belakang yang menarik, seperti tebing breksi, patung-patung raksasa, dan panorama alam yang indah.
  • Fasilitas Lengkap: Tebing Breksi dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti area parkir, toilet, mushola, warung makan, dan toko souvenir.
  • Aktivitas Wisata yang Beragam: Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas wisata di Tebing Breksi, seperti foto-foto, trekking, jeep adventure, menonton pertunjukan seni, dan mengikuti workshop seni.

Ratu Boko

Situs bersejarah yang menawarkan panorama indah Candi Prambanan dan Gunung Merapi. Jelajahi kompleks keraton kuno ini, saksikan pesona matahari terbenam, dan nikmati suasana magis di malam hari.

Sejarah dan Legenda

Situs Ratu Boko, yang juga dikenal sebagai Keraton Ratu Boko, merupakan kompleks istana dan candi Hindu-Buddha yang terletak di Sleman, Yogyakarta. Dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra, kompleks ini memiliki sejarah panjang dan penuh misteri.

Legenda Ratu Boko menceritakan tentang seorang raja raksasa bernama Prabu Boko yang ingin menikahi Roro Jonggrang, putri cantik dari Kerajaan Prambanan. Sebagai syarat pernikahan, Roro Jonggrang meminta Prabu Boko untuk membangun 1.000 candi dalam waktu semalam. Prabu Boko hampir menyelesaikan tugasnya, namun Roro Jonggrang dibantu oleh Bandung Bondowoso untuk menggagalkannya. Alhasil, Prabu Boko dikalahkan dan dikutuk menjadi batu.

Struktur dan Fungsi

Kompleks Ratu Boko terdiri dari beberapa bangunan utama, yaitu:

  • Pendapa: Ruang pertemuan yang luas dengan kolam di tengahnya.
  • Kraton Ratu Boko: Istana utama yang memiliki beberapa ruangan, termasuk pendopo, paseban, dan keputren.
  • Candi-candi: Terdapat beberapa candi Hindu dan Buddha di kompleks Ratu Boko, seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, dan Candi Gatotkaca.
  • Kolam: Terdapat beberapa kolam di kompleks Ratu Boko, yang mungkin digunakan untuk ritual keagamaan atau mandi.

Fungsi utama Ratu Boko masih belum diketahui secara pasti. Ada yang menduga bahwa kompleks ini merupakan istana raja, tempat peribadatan, atau pusat pendidikan.

Misteri dan Daya Tarik

Situs Ratu Boko menyimpan banyak misteri yang menarik untuk ditelusuri. Salah satu misterinya adalah keberadaan gua bawah tanah yang konon terhubung dengan Keraton Yogyakarta. Selain itu, kompleks ini juga memiliki banyak relief dan arca yang penuh makna simbolis.

Daya tarik Ratu Boko terletak pada keindahan arsitekturnya, nilai sejarahnya yang tinggi, dan aura mistis yang menyelimutinya. Berkunjung ke Ratu Boko akan membawa Anda kembali ke masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno dan merasakan atmosfer magis yang tak terlupakan.

Informasi Pengunjung

  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas: Tempat parkir, toilet, mushola, dan warung makan
  • Tips: Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, bawalah topi dan air minum, dan perhatikan waktu saat berkunjung.

Candi Ijo

Candi Hindu yang terletak di atas bukit ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pemandangan Candi Prambanan dan hamparan sawah hijau akan membuat Anda terpesona.

Sejarah dan Arsitektur

Candi Ijo dibangun pada abad ke-9 dan ke-10, pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini bercorak Hindu dan dipersembahkan untuk dewa Siwa. Kompleks Candi Ijo terdiri dari 24 candi, dengan candi utama yang bernama Candi Ijo.

Candi Ijo memiliki arsitektur yang khas dengan batu andesit. Candi ini memiliki tiga tingkatan, yaitu kaki candi, badan candi, dan atap candi. Pada setiap tingkatan terdapat relief-relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

Keunikan dan Daya Tarik

Candi Ijo memiliki beberapa keunikan dan daya tarik, yaitu:

  • Lokasi yang tinggi: Candi Ijo terletak di ketinggian 427 meter di atas permukaan laut, sehingga menawarkan pemandangan yang indah dan panorama Gunung Merapi yang megah.
  • Kompleks candi yang luas: Candi Ijo memiliki kompleks yang luas dengan 24 candi, sehingga memberikan suasana yang tenang dan asri.
  • Relief yang menarik: Candi Ijo memiliki banyak relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana, sehingga memberikan nilai edukasi dan sejarah yang tinggi.
  • Sunset yang indah: Candi Ijo merupakan salah satu tempat terbaik di Yogyakarta untuk melihat sunset.

Informasi Pengunjung

  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Fasilitas: Area parkir, toilet, warung makan, dan toko souvenir

Candi Sewu

Candi Hindu terbesar kedua di Indonesia ini memiliki arsitektur yang megah dan kompleks. Jelajahi lorong-lorong candi dan rasakan atmosfer spiritual yang kental. Candi Sewu, yang berarti “Candi Seribu”, adalah kompleks candi Buddha terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Candi Borobudur. Candi ini terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, hanya 800 meter di sebelah utara Candi Prambanan. Dibangun pada abad ke-8, Candi Sewu lebih tua dari Candi Prambanan dan diperkirakan didirikan pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno.

Arsitektur dan Tata Letak

Candi Sewu memiliki arsitektur khas Buddha dengan susunan candi yang simetris dan terstruktur. Kompleks candi ini dikelilingi oleh tembok luar berbentuk persegi panjang dengan empat gerbang di setiap sisinya.

Memasuki gerbang utama, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan halaman yang luas dengan tiga candi utama yang tersusun dalam garis lurus. Candi utama ini diapit oleh deretan candi perwara yang lebih kecil.

Keunikan dan Daya Tarik

Candi Sewu memiliki beberapa keunikan dan daya tarik yang membuatnya istimewa, antara lain:

  • Kompleks Candi Buddha Terbesar Kedua: Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur, dengan total 249 candi yang tersebar di area seluas 1,85 hektar.
  • Arsitektur yang Megah: Candi Sewu memiliki arsitektur yang megah dan detail, dengan hiasan relief dan arca Buddha yang indah.
  • Suasana yang Tenang dan Damai: Berada di kawasan Prambanan yang dikelilingi oleh sawah dan pepohonan, Candi Sewu menawarkan suasana yang tenang dan damai, cocok untuk wisata religi dan sejarah.
  • Nilai Sejarah dan Budaya yang Tinggi: Candi Sewu merupakan salah satu peninggalan sejarah yang penting di Indonesia dan memiliki nilai budaya yang tinggi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

  • Menjelajahi Kompleks Candi: Pengunjung dapat menjelajahi kompleks Candi Sewu dan melihat berbagai candi yang ada, termasuk candi utama, candi perwara, dan candi apit.
  • Mengagumi Relief dan Arca: Candi Sewu dihiasi dengan berbagai relief dan arca yang indah, yang menceritakan kisah-kisah tentang Buddha dan kehidupan masyarakat pada masa lampau.
  • Belajar Sejarah dan Budaya: Pengunjung dapat belajar sejarah dan budaya Kerajaan Mataram Kuno melalui peninggalan-peninggalan yang ada di Candi Sewu.
  • Berfoto-foto: Candi Sewu menawarkan banyak spot foto yang indah dengan latar belakang candi dan pemandangan alam yang surrounding.

Plaosan

Kompleks candi Buddha yang unik dengan arsitektur perpaduan Hindu dan Buddha. Saksikan keindahan stupa dan relief-relief yang menceritakan kisah Buddha. Candi Plaosan adalah kompleks candi Hindu-Buddha yang terletak di Desa Plaosan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada sekitar 1 kilometer dari Candi Prambanan dan 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta

Sejarah dan Arsitektur

Candi Plaosan dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dipersembahkan untuk dewa Hindu Siwa dan Dewi Parwati. Kompleks candi Plaosan terdiri dari dua kelompok candi utama, yaitu Plaosan Lor (utara) dan Plaosan Kidul (selatan).

Keunikan Candi Plaosan

  • Candi Plaosan memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dengan candi-candi Hindu lainnya di Jawa. Candi ini terbuat dari batu andesit dan dihiasi dengan banyak relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.
  • Relief-relief di Candi Plaosan sangat detail dan halus, menunjukkan keahlian para seniman pada masa itu.
  • Candi Plaosan juga memiliki banyak arca dewa-dewi Hindu, seperti Siwa, Parwati, Ganesha, dan Nandi.

Suasana Tenang dan Damai

Candi Plaosan tidak seramai Candi Prambanan, sehingga suasananya lebih tenang dan damai. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin menikmati wisata sejarah dan budaya yang lebih santai.

Tips Wisata

  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk menjelajahi wisata alam.
  • Bawalah topi dan sunscreen untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen indah selama berwisata.
  • Gunakan jasa pemandu wisata untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang wisata sejarah dan budaya.
  • Cicipi kuliner khas Yogyakarta yang lezat di warung makan atau restoran setempat.

Candi Prambanan bukan hanya menawarkan wisata sejarah dan budaya yang menarik, tetapi juga wisata alam, kuliner, dan kekinian di sekitarnya. Jelajahi wisata sekitar Candi Prambanan dan ciptakan pengalaman tak terlupakan di Yogyakarta!

ALODIA TOUR & LEISURE

Nikmati keindahan alam dan budaya Yogyakarta bersama Alodia Tour & Leisure, penyedia jasa travel wisata di Yogyakarta yang terbaik dan berpengalaman. Alodia Tour & Leisure menawarkan berbagai macam paket wisata di Yogyakarta, mulai dari paket wisata alam hingga paket wisata budaya.

Yuk, berlibur ke Yogyakarta bersama Alodia Tour & Leisure! Dapatkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

Alamat: Alodia Tour

Reservasi Sekarang!

[WhatsApp Admin]

[[email protected]]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

18 Parc Place, SCBD
Jend. Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan · 12190

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×