Wisata Sekitar Stasiun Tugu Jogja Petualangan Singkat di Kota Istimewa

Rasakan sensasi berwisata di Yogyakarta tanpa harus jauh-jauh dari Stasiun Tugu! Temukan berbagai destinasi wisata menarik di sekitar stasiun tugu jogja, mulai dari wisata sejarah, budaya, kuliner, hingga kekinian. Siap menjelajahi pesona Kota Istimewa dalam waktu singkat?

Wisata Sekitar Stasiun Tugu Jogja

Stasiun Tugu Jogja, gerbang utama kota Yogyakarta, tak hanya menjadi pintu masuk bagi para wisatawan, tetapi juga menawarkan berbagai pesona wisata di sekitarnya. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan waktu singkat selama transit di Stasiun Tugu, tak perlu khawatir, karena banyak destinasi menarik yang dapat dijelajahi dengan mudah.

Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya:

Stasiun Tugu Yogyakarta, ikon bersejarah yang telah berdiri kokoh sejak tahun 1918, bukan hanya menjadi gerbang utama menuju Kota Pelajar ini, tetapi juga menjadi titik awal untuk menjelajahi kekayaan sejarah dan budaya Yogyakarta. Bagi para pecinta wisata sejarah dan budaya, area di sekitar Stasiun Tugu menawarkan berbagai destinasi menarik yang tak boleh dilewatkan.

1. Keraton Yogyakarta

Jarak yang hanya 1,5 kilometer dari Stasiun Tugu, Keraton Yogyakarta menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan. Kompleks keraton yang luas ini merupakan pusat budaya dan pemerintahan Kesultanan Yogyakarta selama berabad-abad. Pengunjung dapat menjelajahi berbagai bangunan bersejarah, seperti Bangsal Trajumas, Masjid Gedhe, dan Taman Sari, serta mempelajari budaya dan tradisi Jawa yang masih dilestarikan hingga saat ini.

2. Taman Sari

Hanya beberapa langkah dari Keraton Yogyakarta, Taman Sari menyapa dengan pesonanya yang unik. Dikenal sebagai “Istana Air”, kompleks taman ini dulunya merupakan tempat pemandian dan peristirahatan para raja Yogyakarta. Pengunjung dapat merasakan atmosfer magis dan romantis di kolam-kolam bersejarah, lorong-lorong tersembunyi, dan bangunan-bangunan bergaya arsitektur Jawa yang elegan.

3. Pasar Bringharjo

Bagi pecinta kuliner dan budaya lokal, Pasar Bringharjo adalah surga yang tak boleh dilewatkan. Terletak hanya 500 meter dari Stasiun Tugu, pasar tradisional ini menawarkan berbagai macam makanan khas Yogyakarta, seperti gudeg, soto ayam, dan bakpia. Pengunjung juga dapat menemukan berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan khas Yogyakarta dengan harga yang terjangkau.

Wisata Kuliner Khas Jogja:

Hanya dengan berjalan kaki atau menggunakan becak, Anda dapat menemukan berbagai macam hidangan khas Jogja yang lezat dan otentik. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner khas Jogja sekitar Stasiun Tugu yang wajib Anda coba:

1. Gudeg Yu Djum:

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib dicoba oleh setiap wisatawan. Di dekat Stasiun Tugu, Anda dapat menemukan Gudeg Yu Djum, salah satu penjual gudeg paling terkenal di Jogja. Gudeg Yu Djum terkenal dengan rasa manis gurihnya yang khas dan pilihan lauk yang beragam.

2. Sate Klathak Pak Pong:

Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar dengan jeruji besi. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang empuk membuat sate klathak menjadi salah satu hidangan favorit di Jogja. Di dekat Stasiun Tugu, Anda dapat menemukan Sate Klathak Pak Pong yang terkenal dengan sate klathaknya yang lezat dan suasana makan yang santai.

3. Bakpia Pathok 25:

Bakpia Pathok adalah oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibawa pulang. Di dekat Stasiun Tugu, Anda dapat menemukan Bakpia Pathok 25, salah satu toko bakpia ternama di Jogja. Bakpia Pathok 25 menawarkan berbagai macam rasa bakpia, mulai dari rasa klasik kacang hijau hingga rasa kekinian seperti cokelat dan keju.

4. Angkringan Lik Man:

Angkringan adalah tempat makan khas Jogja yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang murah. Di dekat Stasiun Tugu, Anda dapat menemukan Angkringan Lik Man, salah satu angkringan terpopuler di Jogja. Angkringan Lik Man terkenal dengan suasana makannya yang santai dan berbagai macam pilihan makanan dan minuman yang lezat.

5. Soto Bathok:

Soto bathok adalah soto khas Jogja yang disajikan dalam batok kelapa. Rasanya yang gurih dan segar membuat soto bathok menjadi hidangan yang disukai banyak orang. Di dekat Stasiun Tugu, Anda dapat menemukan Soto Bathok berbagai penjual soto bathok ternama di Jogja.

Spot Foto Instagramable:

Salah satu area yang mudah diakses dan memiliki banyak spot foto instagramable adalah sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta. Stasiun Tugu merupakan stasiun kereta api utama di Yogyakarta dan menjadi gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi kota ini. Di sekitar stasiun ini, terdapat berbagai landmark ikonik, bangunan bersejarah, dan spot foto unik yang siap mempercantik feed Instagram Anda.

1. Titik Nol Kilometer Yogyakarta:

titil 0 kilometer jogja

Tepat di depan Stasiun Tugu, Anda akan menemukan ikon kota Jogja yang tak boleh dilewatkan: Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Monumen bersejarah ini menandai pusat kota dan menjadi titik acuan untuk berbagai arah di Jogja. Berpose di depan Tugu Jogja dengan latar belakang bangunan stasiun yang megah adalah wajib bagi para pengunjung.

2. Benteng Vredeburg:

Hanya beberapa langkah dari Titik Nol Kilometer, Benteng Vredeburg berdiri kokoh sebagai saksi bisu sejarah Jogja. Benteng peninggalan Belanda ini menawarkan arsitektur klasik yang indah dan taman yang asri. Anda dapat berfoto di depan gerbang benteng, di dalam halaman benteng, atau bahkan di atas bastion benteng untuk mendapatkan panorama kota Jogja yang menakjubkan.

3. Malioboro:

Malioboro

Siapa yang tidak kenal Malioboro? Jalan legendaris ini merupakan jantung wisata Jogja dan surga bagi para pecinta belanja dan kuliner. Di sepanjang jalan Malioboro, Anda akan menemukan berbagai toko, restoran, dan kafe yang menarik. Tak hanya itu, Malioboro juga menawarkan banyak spot foto Instagramable, seperti di depan Gedung Bank Indonesia, di bawah pohon beringin tua, atau di tengah keramaian para pengunjung.

4. Tugu Jogja:

Landmark ikonik Yogyakarta ini wajib menjadi latar belakang foto Anda. Tugu setinggi 38.8 meter yang menjulang gagah ini merupakan simbol titik nol kilometer Yogyakarta dan menjadi saksi bisu perkembangan kota. Di sekitar Tugu Jogja, Anda dapat berfoto dengan latar belakang air mancur dan taman yang indah, serta menikmati suasana ramai para wisatawan.

Tips Menjelajahi Wisata Sekitar Stasiun Tugu Jogja

Banyaknya pilihan wisata di sekitar Stasiun Tugu Jogja, seringkali membuat wisatawan bingung untuk memilih destinasi yang tepat. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa tips menjelajahi wisata sekitar Stasiun Tugu Jogja dengan mudah dan menyenangkan.

1. Pilih Wisata yang Sesuai Minat dan Waktu Anda

Sebelum memulai perjalanan, penting untuk menentukan jenis wisata yang Anda sukai dan berapa lama waktu yang Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda memilih destinasi wisata yang tepat dan memaksimalkan waktu Anda di Jogja.

2. Manfaatkan Transportasi Umum

Jogja memiliki sistem transportasi umum yang cukup baik, seperti bus Trans Jogja dan taksi online. Anda dapat menggunakan transportasi umum ini untuk menghemat biaya dan menghindari kemacetan.

3. Sewa Sepeda atau Motor

Jika Anda ingin lebih bebas menjelajahi Jogja, Anda dapat menyewa sepeda atau motor. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengunjungi berbagai tempat wisata dengan lebih mudah dan fleksibel.

4. Gunakan Aplikasi Peta

Aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze dapat membantu Anda menemukan rute terbaik menuju tempat wisata yang ingin dikunjungi.

5. Pakai Pakaian yang Nyaman

Cuaca di Jogja bisa panas dan lembab, jadi pastikan untuk memakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Jangan lupa untuk membawa topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.

6. Bawalah Uang Tunai yang Cukup

Meskipun beberapa tempat wisata menerima pembayaran non-tunai, namun masih banyak pedagang kaki lima dan warung makan yang hanya menerima pembayaran tunai.

7. Bersikap Ramah dan Sopan

Masyarakat Jogja terkenal dengan keramahannya. Pastikan untuk bersikap ramah dan sopan kepada penduduk setempat.

8. Jangan Lupa Menawar

Di beberapa tempat wisata, Anda dapat menawar harga barang yang ingin dibeli. Hal ini wajar dilakukan di Jogja, terutama di pasar tradisional dan tempat wisata.

9. Coba Kuliner Khas Jogja

Jogja memiliki banyak kuliner khas yang lezat. Jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan khas Jogja seperti gudeg, sate klathak, dan bakpia pathok.

10. Berbelanja Souvenir

Jogja memiliki banyak tempat untuk membeli souvenir khas Jogja. Anda dapat membeli batik, kerajinan tangan, dan berbagai macam oleh-oleh lainnya.

Stasiun Tugu Jogja bukan hanya tempat transit, tetapi juga gerbang menuju petualangan wisata yang menarik di Yogyakarta. Dengan berbagai destinasi wisata yang mudah dijangkau dari stasiun, Anda dapat menikmati pesona Kota Istimewa dalam waktu singkat.

ALODIA TOUR & LEISURE

Nikmati keindahan alam dan budaya Yogyakarta bersama Alodia Tour & Leisure, penyedia jasa travel wisata di Yogyakarta yang terbaik dan berpengalaman. Alodia Tour & Leisure menawarkan berbagai macam paket wisata di Yogyakarta, mulai dari paket wisata alam hingga paket wisata budaya.

Yuk, berlibur ke Yogyakarta bersama Alodia Tour & Leisure! Dapatkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

Alamat: Alodia Tour

Reservasi Sekarang!

[WhatsApp Admin]

[[email protected]]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

18 Parc Place, SCBD
Jend. Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan · 12190

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×