Candi Bubrah

Candi yang memiliki usia yang sama dengan candi sewu dan lumbung.

Candi Bubrah – Jika anda berkunjung ke candi prambanan, jangan lupa untuk mampir ke candi bubrah ya. Candi bubrah adalah candi yang di temukan pada abad ke-9 masih 1 periode dengan candi sewu dan candi lumung. Menurut warga setempat arti kata bubrah menurut bahasa jawa berarti “Rusak”. Candi bubrah ini ditemukan oleh masyarakat sekitar dengan keadaan rusak atau ambruk menggunakan batu andesit, dengan panjang 12×12 meter dengan persegi panjang itu sudah sangat rusak parah.

Komplek tempat pemujaan ini dibangun Rakai Panangkaran yang disebut sebagai Syailendra Wangsa Tilaka, atau mutiara keluarga Syailendra. Rakai Panangkaran adalah pemimpin dinasti Syailendra yang berpindah agama, dari semula Siwa (Hindu). Ia memang disuruh oleh ayahnya untuk masuk agama budha dan memang Rakai Panangkaran seorang Budhist yang sangat taat, Rakai Panangkaran pula yang membangun candi sewu, candi sari dan candi kalasan namun disaat semua candi dibangun dan memasuki masa paripurna Rakai Panangkaran wafat dan beliau digantikan oleh Rakai Panaraban.

Candi Bubrah merupakan bangunan tunggal menghadap ke timur, sama halnya dengan komplek Candi Prambanan yang juga menghadap ke timur. Candi bubrah ini memiliki bangunan yang tinggi ramping dengan atap stupa menjadi symbol Gunung Meru. Satu stupa dikelilingi delapan stupa, kemudian dikelilingi 16 stupa. Bagian luar tubuh candi ada relung-relung berisi arca Dhyani Buddha. Relung utara  berisi Dhyani Buddha Amogasiddhi menghadap utara. Relung barat Dhyani Buddha Amitabha.

Relung selatan berisi arca Dhyani Buddha Ratnasambhawa. Sedangkan sisi timur relungnya berisi arca Dhyani Buddha Aksobhya. Perbedaan di antara arca Dhyani Buddha itu ada salah satunya pada posisi duduk dan tangannya. Candi Bubrah memiliki keunikan yang tidak dimiliki candi-candi Buddha lainnya. Antara lain, motif hiasan taman teratai yang mengisi lapik di bawah padmasina pada Dhyani Buddha.

Wisata candi Bubrah memiliki jam operasional yang sama dengan taman wisata candi Prambanan. Yakni buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 sore.

Ingin mengunjungi Candi Bubrah atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 4]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×