Candi Merak

Keelokan arsitektur yang dijaga Ganesha di Candi Merak Klaten Jawa Tengah

Candi Merak – Jika anda seorang yang suka berlibur yang tidak sekedar liburan untuk bersenang-senang tetapi untuk  mendapatkan pengetahuan maka anda harus wajib mengunjungi wisata sejarah yang ada di Kota Yogyakarta bernama Candi Merak yang ada di Klaten Jawa Tengah tepatnya di Candi, Karangnongko, Dusun I, Karangnongko.

Asal muasal penamaan dari Candi ini sendiri adalah dahulunya candi ini berupas sebidang lahan yang ditumbuhi sebuah pohon raksasa bernama pohon joho. Pohon joho bertumbuh dengan rimbunnya dan menyebabkan banyak burung Merak bertengger dan tidur di atas pohon setiap hari. Saking tuanya umur dari pohon Joho ini, suatu ketika pohon joho tersebut runtuh. Jadi pada saat itu juga dibawah perakaran pohon besar, ternyata tersimpan reruntuhan sebuah candi yang ditemukan berupa arca dan bebatuan. Maka mengingat pohon Joho yang tumbuh kala itu dijadikan sebagai rumah dari pada burung-burung merak maka sebagai candi tersebut dinamakan “Candi Merak”.

Keelokan arsitektur bangunan Candi Merak tidak kalah dari Candi-candi lainnya yang ada seperti Candi Sewu, Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Candi ini berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 8,38 m x 8, 38 m dan tingginya mencapai 12 meter.

Menurut sejarah Candi Merak ditemukan sekitar tahun 1925, yang merupakan salah satu candi peninggalan Hindhu dari kerajaan Mataram Kuno Wangsa Syailendra. Dan usianya diperkirakan sama dengan candi Karangnongko yang lokasinya tidak jauh dari Candi Merak. Konon katanya candi ini sama juga usianya dengan candi Bima yang ada di Dieng.

Candi Merak dibentuk dari sebuah candi induk dan tiga buah candi perwara. Saat dipugar candi induk sudah berbadan setengah adapun atapnya masih berupa rekonstruksi. Ketiga perwaranya mendampingi candi induk. Di bilik candi induk terdapat sebuah Yoni dan juga Arca Ganesha yang juga terdapat arca Durga yang berada di relung candi. Adapun sebuah hiasan makara pada tangga yang baik dan relief yang berada di bagian samping candi.

Candi Merak ini sendiri dekat dengan daerah pemukiman penduduk dan penduduk di sekitar candi mempunyai sifat keramah tamahan yang baik terhadap wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Sehingga banyak orang berkunjung ke sini karena mereka akan merasa betah dan nyaman jika ngobrol bersama penduduk di wilayah kawasan candi.

Ingin mengunjungi Candi Merak atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×