Gunung Ireng

Menikmati Sunrise di Gunung Ireng layaknya Negeri di atas awan

Gunung Ireng – Buat kalian yang mau liburan ke Yogyakarta, ada banyak tempat untuk menikmati matahari terbit atau sunrise dan berburu sunset. Hal itu karena Yogyakarta merupakan kawasan pegunungan, sehingga banyak wisatawan yang sangat ingin berkunjung ke Yogyakarta. Salah satunya adalah Gunung Ireng, yang terletak di Ngrancahan, Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Nama Gunung Ireng berasal dari salah satu kata Bahasa Jawa yang artinya Hitam. Hal itu karena Bukit Puncak ini dikelilingi bebatuan yang berwarna hitam. Konon katanya Gunung Ireng ini adalah tercipta dari akibat tendangan sang pendekar yang bernama Bratasena yang marah karena diganggu oleh sekelompok monyet di puncak Gunung Merapi.

Dari sisi Geologi Gunung Ireng merupakan bagian dari Gunung Api purba pada Masa Miocene, yaitu sekitar 5-23 juta tahun yang lalu. Gunung Api meletus dan kehilangan bentuknya, namun sisa-sisa gunung tersebut masih bisa kita saksikan hingga saat ini. Sisa-sisa gunung api inilah yang membentuk beberapa formasi batuan vulkanis di kawasan Patuk, termasuk bukit Nglanggeran yang ada di utara Gunung Ireng.

Gunung Ireng memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 200mdpl. Walaupun Gunung ini tidak terlalu tinggi tetapi kamu bisa melihat pemandangan panorama yang sangat indah yang disuguhkan dengan ketinggian sekitar 3000mdpl. lautan kabut dapat anda temui di Gunung ireng, uniknya kabut di Gunung Ireng berada di bawah puncak sehingga anda bisa melihat pemandangan tetap indah dan mempesona layaknya seperti Negara di atas awan.

Ketika anda ingin mengunjungi Gunung Ireng anda seharusnya pergi pada saat pagi hari agar bisa mendapatkan pesona indahnya terbit matahari di ufuk Barat atau Sunrise dengan pemandangan yang tak kalah menarik. Mentari yang mulai beranjak dari peraduan terlihat lembut menyapa dengan sinar keemasannya yang exotis.

Selain anda menikmati sunrise, anda bisa mengexplore beberapa spot foto yang menarik dan keren di sekitar Gunung Ireng. Beberapa spot foto seperti meja bundar dengan dua kursi, kursi pantai, dan rumah kayu diujung bukit yang sangat Instagramable.

Dikawasan Gunung ireng menyimpan banyak sejarah yang dapat anda lihat yaitu salah satunya adalah keberadaan Watu Lumpang yang memiliki cekungan 5 buah yang dimana diyakini sebagai simbol dari Rukun Islam. Selain itu, terdapat juga watu tapak kaki yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung tetapi jejak tersebut belum ditemukan asal usulnya sehingga masih sangat misterius. Adapun sumber mata air yang disebut dengan Sendang Ayu, masyarakat percaya bahwa air tersebut ketika kita membasuh wajah maka anda bisa terlihat awet muda dari usia anda.

Ingin mengunjungi Gunung Ireng atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×