Kampung Cyber Jogja

Kampung kawasan melek Internet dengan design Jawa

Kampung Cyber Jogja – Kampung Cyber Jogja yang berada di jantung Kota Yogyakarta, Kawasan Informasi melalui Internet yang seluruh warga di kampung ini menggunakan Internet sebagai alat untuk membahas berbagai masalah yang ada di Kampung, menyebarkan maupun menyampaikan berbagai macam informasi dan menjalankan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kampung tersebut.

Awalnya kampung ini hanya memiliki satu RW saja, yang berada sekitar 50 meter dari Pemandian Taman Sari. Tapi saat ini tak hanya Kampung Cyber saja, tetapi sudah meluas di sejumlah RW lainnya dengan desain bernuansa kampung yang berciri khas etnik Jawa yang ikonik untuk menarik wisatawan dalam berkunjung ke desa wisata, Kampung Cyber Yogyakarta.

Kampung Cyber didirikan oleh Antonius Sasongko pada tahun 2006. Kampung Cyber adalah kampung yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan warga setempat yang berkedudukan diwilayah itu dan menjadikan kampung tersebut menjadi desa wisata.

Kampung Cyber adalah kampung yang menarik kunjungan wisatawan, apalagi sejak tahun 2014 silam kampung ini dikunjungi oleh  pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg maka kampung cyber ini semakin popular dikalangan wisatawan lokal maupun asing.

Di Kampung ini seluruh rumah di 36 RT telah tersambung Internet, sehingga warga dapat memanfaatkan Internet untuk membantu para masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Salah satunya masyarakat memanfaatkan Internet sebagai media dalam berdiskusi membahas kondisi kampung Cyber. Warga juga memanfaatkan media social Facebook untuk menyebarkan informasi melalui berita penting seperti undangan rapat, pernikahan maupun berita kelahiran, dan juga masalah jual beli untuk bisnis UKM.

Satu hal lainnya yang menarik di kampung Cyber yang menarik wisatawan adalah terdapat tembok jalanan dan rumah warga yang dihiasi dengan gambar-gambar unik Instagramable dan semua gambar menuansa design khas Jawa. Gambar tersebut mempunyai arti juga sebagai untuk menyampaikan pesan-pesan edukatif dan sebagai ungkapan jati diri dari Kampung Cyber.

Ingin mengunjungi Kampung Cyber Jogja atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×