Air Terjun Kedung Pedut

Menikmati keindahan air terjun dengan warna air yang alami dan jernih di kawasan Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam yang berada di Yogyakarta lebih tepatnya di daerah Kulon Progo. Untuk menuju ke Air Terjun Kedung Pedut ini bukan hal yang mudah, wisatawan harus menaiki gunung melewati jalur diatas perbukitan menoreh.  tetapi selama menaiki gunung melewati jalur diatas perbukitan menoreh wisatawan disuguhi pemandangan  yang indah dan asri khas Kulon Progo, seperti raturan sawah yang hijau nan asri dengan metode tanam terasering, lalu naik ke pegunungan akan melihat tebing-tebing tinggi miring berlumut yang dipenuhi pohon pada salah satu sisinya, dan jurang yang sangat dalam pada sisi lain. Selama perjalanan menuju Air Terjun Kedung Pedut wisatawan akan melewati beberapa wisata alam yang lain seperti gunung lanang, kemudian goa kiskendo, dan goa seplawan.

Air Terjun Kedung Pedut ini dikenal dengan keindahan sebuah pesona alam yang menarik dengan warna airnya. Warna air di Air Terjun Kedung Pedut terdiri dari dua warna yaitu putih jernih dan hijau tosca. Warna putih jernih karena terdapat aliran air deras dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau tosca terbentuk karena adanya hasil pantulan batuan di dasar sungai yang terpancar dari sinar matahari. Kedung Pedut ini sebenarnya masih termasuk satu aliran dengan wisata alam lainnya, seperti wisata alam Air Terjun Kembang Soka yang memiliki air terjun yang bertingkat dan tuk mudal atau mata air mudal. Mata air mudal inilah yang menjadi sumber alami bagi air terjun kembang soka dan kedung pedut.

Selain warna air yang indah tersebut, keunikan yang lain dari Air Terjun Kedung Pedut ini adalah terdapat adanya kolam alam. Kolam ini merupakan Kedung, atau bisa dibilang suatu cekungan yang cukup dalam sekitar dada sampai leher orang dewasa. Kedung tersebut dijadikan sebagai tempat untuk bermain air, sedangkan disekitar air terjun tersebut tidak digunakan untuk bermain air dan hanya untuk dinikmati saja. Di sekitar dinding tebing bambu-bambu itu menempel sangat kuat. Bambu tersebut dibuat sebagai tempat duduk untuk menikmati keindahan kolam alami tersebut, dan bisa beristirahat setelah bermain air di Kolam alami itu.

Di Air Terjun Kedung Pedut terdapat beberapa kedung yang berbeda, yaitu Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes. Setiap kedung-kedung tersebut memiliki kedalaman yang berbeda sekita 2 sampai 5 meter.Di samping kedung juga terdapat beberapa tempat istirahat untuk para wisatawan yang terbuat dari bambu sehingga menambah kesan alami dari tempat ini.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×