Air Terjun Perawan Sidoharjo

Menulusuri keindahan air terjung dengan melihat beberapa kera di Kulonprogo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Kulonprogo. Di daerah Kulon Progo banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Air Terjun Perawan Sidoharjo.

Menurut masyarakat sekitar, nama Air Terjun Perawan Sidoharjo diberikan karena orang yang pertama kali berkunjung ke air terjun ini adalah seorang gadis yang berasal dari Sidoharjo. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa nama tersebut diberikan karena air terjun ini belum dijamah orang atau wisatawan, baik lokal maupun asing, sehingga air terjun ini masih alami. Air terjun ini masih sangat alami dan jernih sehingga sangat cocok bagi para pengunjung digunakan untuk bersantai, dan juga dapat digunakan untuk mandi.

Di dasar air terjun ini terdapat beberapa tumbuhan yang hidup sehingga menambah keindahan di dalam air. Panorama alam yang tersaji juga akan menyegarkan mata, karena hamparan hutan khas pegunungan yang dipadu dengan sejuknya udara akan melepas penat yang ada di pikiran. Disamping itu karena lokasi air terjun ini masih alami membuat binatang binatang masih banyak dan menjadi ekosistem kera berekor panjang.

Beberapa kera berekor panjang sering bermain main di sekitar tebing. Pada bagian bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang dimanfaatkan untuk bermain dan menenggelamkan tubuh di dalam kesegaran air. Di sebelah kolam terdapat banyak rumputan hijau, subur dengan selingan beberapa jenis bunga yang sangat cantik. Di air terjun ini tidak banyak ditemukan batu, sehingga para pengunjung dapat dengan leluasa memandangi pemandangan alamnya.

Jika para pengunjung belum puas dengan memandangi keindahan alamnya, para pengunjung dapat berpetualang secara langsung pada tebing tebing di air terjun dengan bermain panjat tebing, refling, meluncur (flying fox) dan tentu saja para pengunjung harus membawa peralatan sendiri. Pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×