Air Terjun Tuwondo

Menyaksikan keindahan air terjun yang berada di Bantul

Di Kabupaten Bantul memang banyak sekali destinasi wisata yang indah sekaligus sangat menakjubkan yang cocok bagi para traveling. Salah satu destinasi yang ada di Bantul yaitu Air Terjun Tuwondo. Air Terjun Tuwondo adalah air terjun yang masih dalam pegembangan obyek wisata yang berbasis pedesaan.

Asal usul nama dari Air Terjun Tuwondo ini berasar dari kata “tu” yang mempunyai arti watu alias batu dan kata “ondo” yang mempunyai arti tangga. Disebutkan seperti itu karena air terjun ini bertingkat dan menyerupai tangga. Air terjun ini mempunyai bentuk air terjun dengan tingkat tiga dan terbelah menjadi dua aliran. Pada setiap tingkatannya mempunyai ketinggian sekitar 3 sampai 5 meter.

Di sekitar air terjun terdapat banyak pepohonan jati dan juga semak belukar. Bebatuan yang ada pada saat perjalanan adalah batu andesit dan juga batu kapur. Saat berada di kawasan wisata akan banyak dilakukan himbauan untuk memperhatikan larangan yang berada di dinding batu sekitar air terjun.

Cuaca sangat mempengaruhi debit air yang ada di Air Terjun Tuwondo. Jika musim hujan, aliran air akan deras dan terlihat sangat indah. Namun jika musim kemarau air terjun ini kering nyaris tanpa air. Air Terjun Tuwondo ini memang tidak begitu jernih jika dibandingkan dengan air terjun  yang ada di Bantul lain atau Kulon Progo. Di kawasan ini air berwarna sedikit kecoklatan merah akibat terdapat partikel halus dari tanah merah yang banyak terdapat air terjun.

Selain itu juga ada endapan tanah yang tidak hanyut di dasar aliran air terjun. Sebelum kawasan ini dibuka sebagai kawasan wisata, air terjun Tuwondo ini adalah tempat untuk mandi ternak para warga setempat. Namun karena melihat kawsan yang sangat potensial untuk tempat wisata maka warga setempat berhenti memandikan sapi di kawasan ini dikarenakan aktivitas tersebut pasti akan mengganggu para pengunjung.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×