Curug Siluwok

Menelusuri keindahan air terjun yang tersembunyi di Kulonprogo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Kulonprogo. Di daerah Kulon Progo banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Curug Siluwok.

Curug Silowok ini sendiri memiliki ketinggian air sekitar 20 meter. Walaupun curug ini tergolong tinggi tetapi debit airnya tidak terlalu keras sehingga sangat aman untuk dibuat mandi. Di bawah air terjun ini juga terdapat kolam atau sungai kecil yang dapat para pengunjung gunakan untuk berenang yang menyenangkan. Kedalaman dari kolam ini juga tidak terlalu dalam sehingga sangat aman untuk bermain air dan berendam dengan puas.

Seperti kebanyakan curug dan spot air terjun pada umumnya, jika datang kesini disaat musim kemarau maka air akan terlihat jernih, dan sebaliknya jika datang ke lokasi ini pada saat musim penghujan maka air akan terlihat keruh. Beberapa batu besar maupun tebing di sekitar air terjun dapat dipakai sebagai spot untuk meloncat. Keindahan lainnya juga terlihat dari pemandangan sekitar air terjun.

Airnya yang dingin, segar dan juga suasana alam yang masih sangat sejuk membuat para pengunjung yang datang ke kawasan wisata Curug Siluwok menjadi enggan untuk pulang. Curug Siluwok ini berada di pinggir hutan yang sebagiannya merupakan perkebunan warga setempat. Sebagian area yang lain terutama yang berdekatan dengan desa sudah dilakukan pengalihan fungsi lahan dijadikan sebagai tanah pertanian. Aliran air dari air terjun ini diteruskan ke sungai sungai yang kemudian dihubungkan dengan area persawahan.

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Curug Siluwok, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, sebaiknya pengunjung memakai sandal gunung dan membawa jas hujan, sebab di sepanjang perjalanan menuju ke Curug Siluwok tidak ada tempat yang bisa dijadikan berteduh jika hujan turun. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing bebatuan yang ditumbuhi dengan pepohonan hijau dan juga rindang.

Selain menikmati suasana yang tenang dan damai dengan suara air terjun yang gemercik, para pengunjung juga dapat mengambil foto selfie. Curug Siluwok ini juga biasa dijadikan untuk foto prewedding karena mempunyai latar belakang yang sangat memukau.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×