Pantai Parangendog

Menikmati sunset di Pantai Gunungkidul

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta, dimana kabupaten ini memiliki jajaran pantai yang banyak sekaligus indah dan di setiap pantai nya memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu pantai yang ada di Gunungkidul adalah Pantai Parangendog. Nama Parangendog ini di ambil dari Bahasa Jawa yaitu Parang yang berarti batu karang dan endog atau endok yang berarti telur. Konon dulu di sekitar pantai ini banyak di temukan bebatuan yang menyerupai telur.

Karakteristik Pantai Parangendog ini sedikit berbeda dengan Pantai Parangtritis. Di Pantai Parangendog pengunjung akan menemui banyak batu-batu karang berukuran besar yang berbentuk telur. Selain bebatuan karang yang berukuran besar, pengunjung juga akan disuguhi perbukitan hijau yang masuk dalam bagian dataran tinggi Pegunungan Seribu dan juga tebing tinggi di pinggir pantai yang bernama Tebing Watugupit. Tetapi tebing tersebut lebih dikenal dengan nama Tebing Pantai Parangendog.

Arus laut di sekitar Pantai Parangendog ini tidak seganas di Pantai Parangtritis. Debur ombak di pantai ini relatif tenang sehingga sangat mendukung untuk kegiatan melaut para nelayan. Untuk pengunjung yang mempunyai hobi memancing, disini pengunjung dapat melakukan aktivitas memancing sepuasnya di pinggir pantai pada batu-batu pecahan karang. Tidak hanya sekedar memancing, disini pengunjung juga dapat langsung membakar ikan dan menyantapnya dengan teman-teman.

Aktivitas yang paling sering dilakukan oleh banyak orang ketika dating ke pantai adalah berenang. Di Pantai Parangendog ini pengunjung dapat menikmati dinginnya air laut serta debur ombak dengan berenang di tepi pantai. Pengunjung harus tetap berhati-hati dan menahan diri untuk tidak berenang ke tengah pantai karena dapat membahayakan keselamatan diri. Selain itu, di Pantai Parangendog ini terkenal dengan keanekaragaman biota lautnya. Diantaranya adalah beragam jenis ikan yang cantik, kerang dan rumput laut.

Di Pantai Parangendog pengunjung juga dapat melakukan jenis olahraga yang memacu adrenalin yaitu paralayang. Jajaran tebing-tebing yang menjulang tinggi dan menojorok ke arah laut ini menjadi pendukung untuk melakukan paralayang. Selain itu, kecepatan angin yang ada di sekitar pantai ini juga relatif stabil sehingga aman untuk pengunjung yang ingin melakukan paralayang ini. Ketika melakukan aktivitas ini pengunjung harus memastikan memakai peralatan standar serta didampingi oleh orang yang professional.

Yang menjadi favorit bagi para pengunjung yang mengunjungi pantai adalah berburu sunset. Disini pengunjung bias menikmati panorama matahari tenggelam dan juga mengabadikan momen keindahannya melalui lensa kamera ataupun memakai hp. Spot terbaik untuk mendapatkan sunset di Pantai Parangendog ini berada di tebing Watugupit. Untuk memperoleh foto instagramable pengunjung dapat mendaki tebing ini dan mengabadikan sunset yang berlatar belakang pegunungan seribu.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×