Tebing Watu Mabur

Berlatar pengunungan seribu yang luas dengan spot foto yang unik, menjadikan Watu Mabur sebagai tempat wisata alam yang cukup menarik

Yogyakarta memang tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan anda, karena disini tersedia berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk anda kunjungi karena memiliki keeksotisan sendiri baik itu wisata alam maupun budayanya. Nah kali Alodia ingin membahas suatu tempat di kawasan Mangunan yaitu Tebing Watu Mabur.

Tempat ini sungguh sangat spesial bagi para penyuka foto selfie, karena menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa yaitu berupa pegunungan seribu yang berada di wilayah Gunung Kidul disisi timurnya yang merupakan latar utama untuk foto. Sedangkan untuk bagian bawahnya terdapat persawahan berupa terasering yang merupakan model persawahan khas daerah pegunungan di Indonesia dan sungai oyo yang berkelok-kelok dan airnya berwarna kehijau-hijauan.

Kawasan Tebing Watu Mabur ini terbilang belum lama dikenal oleh masyarakat. Hal ini memang terjadi karena dahulu potensi wisata di kawasan Mangunan belum dikembangkan sedemikian rupa. Dahulu Kawasan Tebing Watu Mabur merupakan kawasan yang digunakan untuk perkemahan. Area perkemahannya sendiri cukup luas yang bisa menampung puluhan tenda besar.

Sampai sekarang kawasan perkemahannya masih ada, namun jarang digunakan untuk aktivitas perkemahan, karena di Yogyakarta begitu banyak spot untuk berkemah.

Mengunjungi Tebing Watu Mabur tidak lengkap jika tidak mencoba beberapa spot fotonya yang sekarang sangat hits. Spot foto yang paling terkenal ialah jalan raya / landasan pacu yang ujungnya tepat menghadap jurang. Sehingga ketika anda foto di tempat ini seperti sedang berada di jalan yang tidak berujung.

Spot foto jalan / landasan pacu inilah yang meningkatkan perhatian masyarakat terhadap kawasan wisata Tebing Watu Mabur. Terlebih sekarang terdapat media sosial seperti Instagram yang dapat menge-bost suatu tempat wisata, jika menurut masyarkat tempatnya sangat bagus.

Tebing Watu Mabur ini memang namanya terlihat cukup aneh. Namun ternyata balik itu terdapat filosofinya. Dinamakan Watu Mabur karena sebagai tebing yang berbatu dan diatas ketinggian menyebabkan seolah kawasan ini berada di atas langit dan terbang di atas awan. Karena Mabur itu berarti terbang dan Watu itu adalah batu dalam bahasa jawa.

Selain spot jalan raya / landasan pacu, Tebing Watu Mabur ini juga memiliki spot lain yang lebih sederhana yaitu spot foto yang dirakit dari bambu. Jika anda merupakan fotografer yang hebat, maka anda dapat menciptakan foto yang indah di spot foto yang dirakit dari bambu ini, karena akan terlihat sangat alami.

Obyek wisata Tebing Watu Mabur ini adalah wisata foto alam, sehingga ada waktu khusus yang sebaiknya anda kunjungi. Tempat ini sangat tepat apabila anda kunjungi pada pagi hari saat matahari tiba (Sunrise), karena akan menciptakan gradasi warna yang apik saat anda foto. Sedangkan di sore hari juga bagus, karena saat matahari terbenam biasanya langit akan berubah dari kebiruan menjadi kemerahan sehingga sangat bagus apabila dijadikan background foto saat anda berfoto di Tebing Watu Mabur.

Selain menikmati keindahan pegunungan seribu maupun sungai oyo, anda juga dapat mengunjungi goa gajah yang terdapat di kawasan Tebing Watu Mabur dengan didampingi oleh seorang pemandu. Dinamakan goa gajah karena mulut goa ini lumayan besar.

Apabila anda sedang berkunjung di kawasan Mangunan Bantul, maka mampirlah ke Tebing Watu Mabur ini. Apabila anda belum sempat memesan paket wisata, maka anda dapat memesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta · 55166

Ikuti Promo Terkini

×