Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja

Menikmati suasana malam dengan menaiki sepeda tandem yang ada di alun-alun

Pada setiap pemerintahan termasuk keraton Yogyakarta memiliki alun-alun. Terdapat dua alun-alun di Yogyakarta yaitu Alun-alun selatan atau alun-alun kidul (alkid) merupakan salah satu dari kedua alun-alun di Yogyakarta yang berada di sebelah selatan Keraton. Kedua alun-alun tersebut milik Keraton Yogyakarta dan kedua alun-alun itu juga memiliki fungsi yang berbeda. Alun-alun utara memiliki fungsi untuk menyelenggarakan kegiatan yang bersifat massal. Menurut kepercayaan kejawen alun-alun kidul digunakan sebagai tempat istirahat para dewa dan dijadikan sebagai tempat untuk menenagkan hati.

Dulu pada saat masa Kasultanan Yogyakarta, alun-alun selatan atau alun-alun kidul ini dijadikan sebagai tempat untuk melatih ketangkasan para prajurit keraton seperti berkuda, memanah dan latihan perang lainnya. Para prajurit keraton juga sering melatih konsentrasi dengan cara berjalan melewati tengah pohon beringin yang ada di Alun-alun dengan mata tertutup. Menurut kepercayaan atau  mitos, barang siapa yang lewat tengah pohon beringin itu semua keinginannya dapat terkabul.

Ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan ketika anda berkunjung ke Alun-alun Selatan Yogya yaitu anda dapat menyewewa sepeda tandem  dan odong-odong untuk menikmati suasana kota Yogyakarta ketika malam hari. Sepeda tandem dan odong-odong di Alun-alun selatan sudah dihiasi dengan lampu warna-warni yang didekor dengan menarik. Tetapi untuk bisa menaiki sepeda tandem dan odong-odong tersebut anda harus membayar Rp. 15.000 – Rp. 30.000. Mengayuh sepeda tandem atau odong-odong dapat menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Di Alun-alun selatan anda juga dapat melakukan wisata kuliner. Banyak pedagang makanan yang ada di sekitar Alun-alun selatan seperti wedang ronde, tempura, es goreng, dan masih banyak jajanan makanan yang lainnya. Di sekitar Alun-alun selatan juga terdapat cafe dan warung kopi yang dapat anda kunjungi.Di sekitar Alun-alun selatn juga terdapat jajanan angkringan yang duduk lesehan di atas tikar. Sambil menunggu makanan datang anda dapat berbincang dengan teman apa sajak yang akan dibicarakan. Dengan pemandangan langit malam serta udara dingin dapat membuat anda merasa nyaman.

Terdapat beberapa tempat wisata yang letaknya dekat dengan Alun-alun selatan yaitu Keraton Yogyakarta yang merupakan tempat tinggal Sultan. Tamansari yang merupakan tempat yang indah untuk dijadikan sebagai spot foto. Dan Plengkung Gading merupakan bagian dari beteng pertahanan Keraton Jogja yang sudah dibangun ratusan tahun yang lalu.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Pernah kesini?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bikin liburanmu makin seru bersama kami

PT. Alodia Tour Indonesia

Jalan Jagung 21
Semaki, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta ยท 55166

Ikuti Promo Terkini

×